PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Berlinda, keke and Yensy, Nurul Astuty and Effie, Efrida Muchlis (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C015028_IRMA YULISA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Text
A1C015038_KEKE BERLINDA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan cara memberi teguran kepada siswa yang tidak mengamati alat peraga (stimulasi), meminta siswa bergantian menggambar alat peraga (identifikasi masalah), membimbing kelompok saat menggambar bagian alat peraga (pengumpulan data), menyelesaikan masalah dengan mengamati alat peraga kemudian mencatat hasilnya (mengolah data), memberi perhatian lebih kepada kelompok yang belum paham (pembuktian), memberikan apresiasi berupa alat tulis untuk kelompok yang presentasi dengan bantuan alat peraga (kesimpulan). Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III yaitu 34 (cukup aktif), 43,5 (cukup aktif) dan 50,875 (aktif). Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan cara membantu siswa dalam mengingat materi yang telah dipelajari dengan bantuan alat peraga (stimulasi), mengarahkan siswa berpikir cara menyelesaikan suatu permasalahan dengan bantuan alat peraga (Identifikasi masalah), membimbing siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya (mengumpulkan dan mengolah data), melatih siswa menyelesaikan permasalahan menggunakan cara lain (pembuktian), meminta siswa mencatat rumus dibuku tulisnya (kesimpulan). Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III yaitu 61,33; 73,92; 85,88 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 31%, 53% dan 84%. Kata Kunci : Alat Peraga, Aktivitas, Hasil Belajar, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:43
Last Modified: 11 Jul 2023 03:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12700

Actions (login required)

View Item View Item