ANALISIS KEKUATAN KOMPOSIT BAMBU BETUNG (Dendrocalamus asper Backer)SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI KAYU DENGAN TEKNIK LAMINASI BAMBU

Zulhadia, Zulhadia (2017) ANALISIS KEKUATAN KOMPOSIT BAMBU BETUNG (Dendrocalamus asper Backer)SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI KAYU DENGAN TEKNIK LAMINASI BAMBU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Skripsi)
skiripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 16 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Hutan sebagai sumber utama penghasil kayu dari waktu ke waktu kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Untuk menyelamatkan hutan perlu ditempuh berbagai cara, baik secara manajerial, kebijakan-kebijakan, politis dan sebagainya. Satu hal penting dan mendesak guna memperkecil kerusakan hutan adalah mencari alternatif pengganti kayu. Diketahui bahwa substitusi terdekat kayu yang cenderung mudah dalam pengusahaannya adalah bambu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi kekuatan komposit bambu petung (Dendrocalamus Asper Backer) dari bagian pangkal, tengah dan ujung batang berdasarkan variasi susunan lapisan serat sejajar, serat silang dan lapisan dalam menggunakan kayu sengon yang tumbuh di Bengkulu. Pengolahan data menggunakan analisis sidik ragam RAL, BNT dan DMRT. Dari hasil penelitian uji impak charpy yang telah dilakukan di Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bengkulu terhadap komposit bambu betung dapat ditarik kesimpulan yaitu Posisi terbaik uji ketahanan impak ada pada bagian ujung sebesar 0,525 j/mm 2 , kemudian bagian pangkal sebesar 0,462 j/mm 2 dan yang paling rendah ketahanannya ada pada bagian tengah sebesar 0,371 j/mm 2 . Hasil uji impak terhadap variasi susunan serat dapat di urutkan ketahanannya yaitu pola susunan serat sejajar memiliki ketahanan yang paling kuat sebesar 0,588 j/mm 2 , kemudian pola susunan serat lapisan tengah (core) kayu sengon sebesar 0,539 j/mm 2 dan hasil yang paling rendah ketahanannya pada susunan serat menyilang sebesar 0,213 j/mm 2 .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:10
Last Modified: 16 Oct 2017 05:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item