PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Juliani, Linda Yeka and Maizora, Syafdi and Nurul, Astuty Yensy (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C015042_Linda Yeka Juliani_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran inkuiri sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, dan juga untuk mengetahui bagaimana respons belajar siswa kelas VII B MTs Negeri 1 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas, tes hasil belajar dan respons belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Negeri 1 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 34 orang, teridiri dari 8 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Alat peraga digunakan dengan cara diamati dan diukur sehingga dapat mempermudah siswa dalam tahapan merumuskan hipotesis dan mengumpulkan data. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan teguran kepada siswa yang tidak fokus, memperbarui LKPD, membantu siswa untuk memahami permasalahan pada LKPD, mendorong siswa untuk memberikan tanggapan, dan memberikan penguatan. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata observasisiswa siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 31, 38.125, 41 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, aktif, aktif. Hasil belajar siswa ditingkatkan dengan cara membimbing kelompok yang mengalami kesulitan, memberikan motivasi, mengingatkan siswa untuk mengulang kembali pelajaran dan membaca materi selanjutnya, merombak kelompok diskusi, dan mengingatkan agar lebih teliti dalam mengerjakan soal tes. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siklusI, II dan III secara berturut-turut 66.85, 74.5, 80.32 dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 26,47%, 52.94%, 82.35%. Hasil respons belajar siswa pada siklus I,II dan III yaitu 24.02, 26.76, 29.05 Kata kunci: Aktivitas belajar, Hasil Belajar, Respons Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri. Alat peraga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:58
Last Modified: 11 Jul 2023 03:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12702

Actions (login required)

View Item View Item