PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN KELAS XI MIPA SMAN 5 KOTA BENGKULU

Permana, Made Agung and Maizora, Syafdi and Yensy, Nurul Astuty (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN KELAS XI MIPA SMAN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_A1C015037_MADE AGUNG PERMANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik matematika dengan metode Problem Solving materi persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel menjadi 3 tahapan yaitu tahap pendefinisian , perancangan, dan pengembangan . Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan lembar efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dengan metode Problem Solving pada materi persamaan lingkaran kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori : (1) sangat valid memiliki skor 4,20 dengan cara (a) LKPD menunjukkan kebenaran dan kesesuaian urutan di LKPD sesuai langkah Polya dan sintaks pendekatan saintifik pada validasi materi, (b) tulisan, gambar dan penampilan pada LKPD yang menarik serta mudah dibaca pada validasi konstruksi dan, (c) penggunaan kalimat sederhana, jelas dan mudah dipahami serta penggunaan kalimat tanya dan kalimat perintah yang sesuai pada validasi bahasa, (2) sangat praktis memiliki skor 4,44 dengan cara petunjuk, langkah-langkah, gambar, dan permasalahan pada LKPD yang mudah dipahami dan mudah digunakan oleh peserta didik dan, (3) sangat efektif memiliki skor 4,69 dengan cara langkah-langkah pada LKPD membimbing peserta didik memahami konsep pemecahan masalah, langkah Polya membantu peserta didik dalam menyelesaikan tes hasil belajar berupa soal Problem Solving, dan diperoleh hasil belajar yang tinggi dengan persentase ketuntasan 94,4%. Kata Kunci : Problem Solving, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:10
Last Modified: 11 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12704

Actions (login required)

View Item View Item