PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

Antasari, Melisa and Susanta, Agus and Effie, Efrida Muchlis (2019) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_A1C015035_MELISA ANTASARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII B SMP Negeri 15 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas self checklist dan tes hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan LKPD yang berisikan masalah kontekstual, memahami masalah kontekstual, membentuk kelompok diskusi siswa yang heterogen berdasarkan kemampuan akademis siswa dan kedekatan antar siswa, siswa dilibatkan langsung mengkontruksi sendiri ide matematika dari konsep materi yang sedang dipelajari menggunakan alat peraga, siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan teman kelompok dalam menemukan penyelesaian dari permasalahan kontekstual, siswa diarahkan untuk mengambil andil tugas dalam kegiatan kelompok dengan membagi tanggung jawab anggota kelompok masing-masing, siswa disetiap kelompoknya diajak untuk menyampaikan pertanyaan atau tanggapan kepada kelompok penyaji saat kegiatan diskusi kelas berlansung dengan diberikan nilai tambah bagi siswa yang aktif dan apresiasi bagi kelompok yang paling aktif. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi self checklist aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 20,5 (kreteria cukup); 25 (kreteria baik); 30,5 (kreteria baik). Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara mengingatkan pada materi melalui masalah kontekstual, mengkaitkan manfaat belajar materi melalui masalah kontekstual, memberikan soal latihan, memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar dan latihan siswa siklus I sampai siklus III yaitu 59,24; 70,41; 80,76 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 36%; 56%; 80%. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:17
Last Modified: 11 Jul 2023 04:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12706

Actions (login required)

View Item View Item