PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Jatra, Nofri Dwi and Yensy, Nurul Astuty and Syafdi, Maizora (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NOFRI DWI JATRA_A1C014059.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik matematika berbasis model pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan menjadi 3 Tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas. Validasi LKPD dilakukan oleh dua orang validator. Kepraktisan LKPD diuji pada lima belas peserta didik kelas VIII.4 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Efektifitas LKPD diuji pada tiga puluh satu peserta didik kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas LKPD, lembar kepraktisan LKPD, dan lembar efektifitas LKPD. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pokok Bahasan Koordinat Kartesius Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori : (a) sangat valid berdasarkan aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 4,44, (b) sangat praktis dengan skor rata-rata 4,64, (c) sangat efektif dengan rata-rata 89,92 berdasarkan : (1) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 91,25 dalam kategori sangat baik; (2) respon peserta didik dengan skor rata-rata 94,72 dalam kategori sangat baik; dan (3) hasil belajar peserta didik dengan rata-rata 85,31 dalam kategori sangat baik dan mencapai ketuntasan klasikal 90,32%. Kata Kunci : Inkuiri, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:21
Last Modified: 11 Jul 2023 04:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item