PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 20 KOTA BENGKULU

Purniasari, Purniasari and Effie, Efrida Muchlis and Syafdi, Maizora (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_PURNIASARI_A1C0015009.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMPN 20 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan menjadi 3 Tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas LKPD, lembar kepraktisan LKPD, dan lembar efektifitas LKPD. Hasil penelitian pengembangan LKPD ini menunjukan bahwa (a) LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 20 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat valid berdasarkan aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 4,56; (b) LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 20 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,46; (c) LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 20 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,72 berdasarkan: (1) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 4,5 dalam kategori sangat baik; (2) aktivitas pendidik dengan skor rata-rata 4,64 dalam kategori sangat baik; (3) respons peserta didik dengan skor rata-rata 4,49 dalam kategori sangat baik; dan (4) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan klasikal 100%. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan, Penemuan Terbimbing

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:26
Last Modified: 11 Jul 2023 04:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12709

Actions (login required)

View Item View Item