UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS VIII 1 SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Nengsi, Rafika Zelia and Susanta, Agus and Nurul, Astuty Yensy (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS VIII 1 SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RAFIKA ZELIA NENGSI_A1C015016 (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas VIII 1 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII 1 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi self checklist dan tes akhir siklus. Aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara peserta didik diatur dalam kelompok belajar yang heterogen dan berbeda setiap siklus berdasarkan hasil belajar pada siklus sebelumnya agar proses pembelajaran berlangsung lebih kondusif dan lebih aktif. Peserta didik yang kurang serius dan masih bermain-main serta mengganggu teman kelompoknya diberikan teguran dan perhatian lebih agar mau mengikuti langkah�langkah pembelajaran dengan baik. Memotivasi dan menanyakan kesulitan peserta didik, memberikan bimbingan lebih kepada peserta didik yang kurang aktif dan berkemampuan rendah. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 18; 20,5; 26. Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD menggunakan model pembelajaran SQ3R dengan pendekatan saintifik, langkah-langkah yang sederhana dan mudah dimengerti oleh peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan terarah. Memberikan media pembelajaran alat peraga bangun ruang sisi datar pada siklus I dan siklus II untuk membantu peserta didik memahami pelajaran. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 65,10; 79,96; 83,71 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 39,28%; 53,57%; 85,71%. Kata Kunci: model pembelajaran, model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review, Pendekatan Saintifik, LKPD, hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:31
Last Modified: 11 Jul 2023 04:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item