PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TGT DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Ezalian, Rahmat Putra and Susanta, Agus and Hanifah, Hanifah (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TGT DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_A1C015022_Rahmat Putera Ezalian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan TGT di SMPN 14 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling sehingga diperoleh kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen 1 dengan siswa yang berjumlah 26 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas VII 6 sebagai kelas eksperimen 2 dengan siswa yang berjumlah 26 orang yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran TGT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar (posttest) berupa soal uraian. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t dengan hasil thitung = 2,309 > ttabel = 2,008559 diperkuat dengan nilai signifikan yang diperoleh dari perhitungan software SPSS yaitu sebesar 0,025 < (α = 0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu. Kata kunci: Eksperimen, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, STAD, TGT

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:41
Last Modified: 11 Jul 2023 04:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12712

Actions (login required)

View Item View Item