PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Tuzzahra, Raudya and Muchlis, Effie Efrida and Hanifah, Hanifah (2019) PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_A1C015029_RAUDYA TUZZAHRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Matematika dengan model Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriterita valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan yaitu tahap pendefenisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan, dan lembar efektivitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD matematika dengan model Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori: (1) LKPD Matematika termasuk dalam kategori Sangat Valid dengan skor rata-rata 4,41, dengan cara (a) LKPD menunjukkan kebenaran dan kesesuaian urutan dengan langkah – langkah model project based learning pada validasi materi, (b) tulisan, gambar dan penampilan pada LKPD yang menarik serta mudah dibaca pada validasi konstruksi, dan (c) penggunaan kalimat sederhana, jelas dan mudah dipahami serta penggunaan kalimat Tanya dan kalimat perintah sesuai pada validasi bahasa, (2) LKPD Matematika termasuk dalam kategori Sangat Praktis dengan skor rata-rata 4,31, dengan cara petunjuk, langkah – langkah, gambar, dan permasalahan pada LKPD mudah dipahami oleh peserta didik, dan (3) LKPD Matematika termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,53, dengan cara langkah – langkah pada LKPD membimbing peserta didik memahami konsep menyelesaikan masalah, langkah model project based learning membantu peserta didik dalam menyelesaikan tes hasil belajar dengan persentase ketuntasan 96,55%. Kata Kunci : Penelitian dan Pengembangan, LKPD Matematika, Model Project Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:45
Last Modified: 11 Jul 2023 04:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12713

Actions (login required)

View Item View Item