PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Nanguntan, Robean and Yensy, Nurul Astuty and Syafdi, Maizora (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ROBEANNANGUNTAN_A1C014064_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan saintifik sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observsai aktivitas, dan hasil tes hasil belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 32 orang, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian terlaksana pada tangggal 04 Oktober 2018 sampai dengan 12 November 2018. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan cara membantu peserta didik untuk memahamai permasalahan, mengarahkan peserta didik untuk memberi tanggapan dari kesimpulan, guru memberi penguatan terhadap hasil diskusi yang telah disampaikan oleh peserta didik, memotivasi peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi siswa kelas siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 20.33, 22, dan 27 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, cukup aktif, dan aktif. Hasil belajar juga dapat ditingkatkan dengan cara memberikan bimbingan kepada peserta didik yang belum tuntas pada tiap siklus, membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tahap-tahap kegiatan dan memberikan arahan kepada peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari, memberikan motivasi kepada peserta didik yang kemampuannya masih tergolong rendah dan kurang aktif, serta memperbaiki kesalahan atau kekurangan peserta didik dalam menyelesaikan setiap tes akhir siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siklus I, II, dan III secara berturut-turut 53.43, 78.59, dan 88.43dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 15.63%, 78,13%, dan 96.88%. Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri, Pendekatan Saintifik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:15
Last Modified: 11 Jul 2023 06:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12714

Actions (login required)

View Item View Item