PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Rohana, Siti and Susanta, Agus and Effie, Efrida Muchlis (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi PDF_A1C015019_ShelaMonica.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model Contextual Teaching and Learning sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 14 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar latihan pada lembar kerja siswa dan lembar tes akhir siklus. Hasil mengelola kelas dengan menerapkan model Contexual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara mengubah susunan kelompok berdasarkan nilai akhir pada setiap siklus, membimbing siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan diskusi, menegur dengan tegas dan memberi sanksi siswa yang berjalan-jalan ke kelompok lain ketika sedang berdiskusi, dan menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata observasi aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 20,875; 26,375; 28,28. Sementara hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD yang banyak melibatkan siswa di dalam prosesnya, membimbing siswa saat menyimpulkan hasil yang diperoleh pada tahap refleksi, dan memberi soal latihan pada siswa di setiap pertemuan pada kegiatan penilaian autentik. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir siswa siklus I sampai siklus III yaitu : 63,32 ; 80,09 ; 83,11 dengan ketuntasan belajar klasikal 27,59 %, 62,06 %, 75,86 %. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:21
Last Modified: 11 Jul 2023 06:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12716

Actions (login required)

View Item View Item