PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI PAUD AMANAH KOTA BENGKULU

Ghafiqi, Chairunnisa Al and Suryadi, Didik and Anni, Suprapti (2019) PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI PAUD AMANAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FIQI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dengam menggunakan alat permainan edukatif ular tangga. Aspek yang diteliti yaitu : (1) Mencocokkan lambang bilangan dengan benda-benda (2) Penambahan sederhana (3) Membuat urutan lambang bilangan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD Amanah Kota Bengkulu sebanyak 10 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pada siklus I pertemuan ketiga dengan rata-rata 3,5 serta diperoleh ketuntasan belajar 50% dan nilai rata�rata pada siklus II pertemuan ketiga meningkat dengan rata-rata 4,43 serta memperoleh ketuntasan belajar 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif ular tangga dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B. Sehingga diharapkan bagi peneliti selanjutnya, untuk dapat menerapkan alat permainan edukatif ular tangga pada aspek yang lain dan bagi guru dapat menerapkan alat permainan edukatif ular tangga di dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif, Ular Tangga, Berhitung, Permulaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:55
Last Modified: 11 Jul 2023 06:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12723

Actions (login required)

View Item View Item