PERAN GURU PADA ZAMAN MILENIAL DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN FISIK ANAK

Nopsaputri, Dea and Saparahayuningsih, Sri and Yulidesni, Yulidesni (2019) PERAN GURU PADA ZAMAN MILENIAL DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN FISIK ANAK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DEA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Sikap Guru Dalam Membimbing Kemandirian Fisik Anak Usia Dini Di PAUD Gugua Anyelir Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu, yang dideskripsikan berdasarkan tiga komponen sikap, yaitu: pengetahuan guru dalam membimbing kemndirian fisik anak, perasaan guru dalam membimbing kemndirian fisik anak, dan tindakan guru dalam membimbing kemandirian fisik anak. Penelitian ini mengunakan tehnik total sampling dengan jumlah sampel 15 orang guru. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan angket, tehnik analisis data menggunakan tehnik statistik dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sikap guru dalam membimbing kemandirian Fisik anak kelompok B rata-rata berada pada kriteria kadang-kadang, dari ketiga komponen sikap yang diteliti yaitu kognitif, afektif dan konatif semuanya berada pada kategori kadang - kadang, sedangkan dari ketiga aspek yang paling rendah adalah komponen konatif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru dalam membimbing kemandirian fisik anak belum dilakukan semaksimal mungkin. Implikasi dari hasil penelitian ini bahwasahnya guru dalam membimbing kemandirian fisik anak perlu melakukan penelitian kepalasekolah dan peneliti berikutnya untuk meningkatkan kemauan dalam membimbing anak. Kata Kunci: Sikap dalam Membimbing Kemandirian

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:08
Last Modified: 11 Jul 2023 07:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12726

Actions (login required)

View Item View Item