IMPLEMENTASI KEGIATAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK (Penelitian Tindakan kelas Pada Kelompok B PAUD Azzahra Kota Bengkulu)

Anlie, Dinda Putri and Kurniah, Nina and Mona, Ardina (2019) IMPLEMENTASI KEGIATAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK (Penelitian Tindakan kelas Pada Kelompok B PAUD Azzahra Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DINDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama anak melalui kegiatan bermain peran pada anak kelompok B PAUD Azzahra Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus dan setiap siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B PAUD Azzahra yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji rata�rata kerjasama anak, presentase ketuntasan belajar anak, dan t-test untuk melihat signifikan hasil penelitian siklus I dan II . Hasil penelitian membuktikan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kerjasama anak secara signifikan dari rata-rata 2,75 dengan presentase 50% , meningkat pada siklus II sebesar 3,625 dengan presentase ketuntasan belajar anak mencapai 80% serta dibuktikan dengan hasil analisis t-test siklus I dan siklus II, yakni dengan to10,9 ≥ ttabel (5% = 2,26 dan 1% = 3,25),. Artinya ketuntasan belajar yang diperoleh anak sudah tercapai sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Oleh karena itu, direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat melanjutkan penelitian tentang kemampuan kerjasama anak dengan menggunakan media maupun metode yang lain. Kata kunci: Kerjasama, Bermain Peran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:50
Last Modified: 11 Jul 2023 07:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12732

Actions (login required)

View Item View Item