KETERAMPILAN MENULIS ANAK KELOMPOK B PAUD TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Kelompok B PAUD Tunas Harapan Kota Bengkulu)

Juliana, Elly and Nasirun, Nasirun and Anni, Suprapti (2019) KETERAMPILAN MENULIS ANAK KELOMPOK B PAUD TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Kelompok B PAUD Tunas Harapan Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX ELLY.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Keterampilan Menulis anak usia dini kelompok B pada PAUD Tunas Harapan Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan sampel berjumlah 23 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 16 anak perempuan pada kelas B5 dan B6 tahun ajaran 2018-2019. Teknik pengumpulan data digunakan observasi dengan pengukuran skala Guttmen. Analisis data menggunakan statistik dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil yaitu keterampilan menulis anak kelompok B PAUD Tunas Harapan berada pada kategori baik. Pada aspek menulis nama sendiri berada pada kategori sangat baik. Pada aspek memegang alat tulis dan menyalin huruf berada pada kategori baik. Pada aspek mengerakkan alat tulis ke atas dan ke bawah, menggerakkan alat tulis ke kiri dan ke kanan, menggerakkan alat tulis melingkar berada pada kategori cukup, dan pada aspek menyalin kata berada pada kategori sangat kurang. Maka Impikasi untuk mengoptimalkan keterampilan menulis yang berada pada kategori sangat kurang adalah guru perlu melatih dan mengenalkan huruf-huruf supaya anak tidak salah dalam menyalin kata. Kata Kunci : Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:37
Last Modified: 11 Jul 2023 08:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12740

Actions (login required)

View Item View Item