MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SEBAB AKIBAT MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU

Rusawalsep, Emisa Reski and Nasirun, Nasirun and Mona, Ardina (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SEBAB AKIBAT MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI EMISA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal sebab akibat. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian 12 orang anak terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 4 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data tentang kemampuan mengenal sebab akibat anak menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal sebab akibat melalui kegiatan eksperimen gunung meletus, eksperimen pelangi dalam gelas, eksperimen angin puting beliung dalam botol, eksperimen banjir, eksperimen gunung meletus dalam air dan eksperimen tanah longsor pada aspek mengamati, memprediksi dan menyimpulkan. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pada siklus I yaitu 2,9 dengan kriteria cukup dan rata-rata pada siklus II yaitu 4,6 dengan kriteria sangat baik, namun terdapat aspek yang memiliki nilai rendah yaitu pada aspek menyimpulkan. Sehingga penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan sebab akibat dalam aspek menyimpulkan. Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Sebab Akibat, Metode Eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:03
Last Modified: 12 Jul 2023 01:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item