PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK PAUD MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SE- GUGUS TERATAI KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO

Septi, Halimatun and Suryadi, Didik and Wembrayarli, Wembrayarli (2019) PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK PAUD MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SE- GUGUS TERATAI KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak PAUD menggunakan media audio visual Se-Gugus Teratai Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok B PAUD se-Gugus Teratai Kecamatan Pondok Suguh, yaitu sebanyak 48 anak. Sampel dalam penelitian menggunakan sampel total yaitu seluruh anak di Gugus Teratai di Kecamatan Pondok Suguh. Teknik pengumpulan data melalui tes. Analisis data menggunakan statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak berada dalam klasifikasi baik. Hasil penelitian menunjukkan skor penguasaan kosakata dalam aspek kata benda berada dalam klasifikasi sangat baik dengan rata-rata 4.33, aspek kata kerja berada dalam klasifikasi sangat baik dengan rata-rata sebesar 4.14, aspek kata keterangan berada dalam klasifikasi baik dengan rata-rata sebesar 2.10, dan aspek kata ganti berada dalam klasifikasi baik dengan rata-rata 1.91. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian sintaksis bahasa Indonesia pada anak. Kata Kunci: penguasaan kosakata bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:06
Last Modified: 12 Jul 2023 01:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item View Item