Purnama, Insi One and Saparahayuningsih, Sri and Yulidesni, Yulidesni (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI BERDASARKAN FUNGSI MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A PAUD Melati Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
insi one purnama.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi berdasarkan fungsi melalui pembelajaran kelompok menggunakan media lingkungan sekitar pada kelompok A PAUD Melati Kota Bengkulu. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus dengan empat pertemuan di setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Melati Kota Bengkulu yang berjumlah 9 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui pembelajaran kelompok menggunakan media lingkungan sekitar dapat meningkatkan kemampuan klasifikasi berdasarkan fungsi dari rata-rata siklus I sebesar 2,88 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 4,55 dengan kriteria baik. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan media yang berbeda, lebih menarik dan menyenangkan bagi anak. Kata Kunci:Kemampuan Klasifikasi, Pembelajaran Kelompok, Media Lingkungan Sekitar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:15 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:15 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12746 |
Actions (login required)
View Item |