MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI BERDASARKAN FUNGSI MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A PAUD Melati Kota Bengkulu)

Purnama, Insi One and Saparahayuningsih, Sri and Yulidesni, Yulidesni (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI BERDASARKAN FUNGSI MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A PAUD Melati Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
insi one purnama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi berdasarkan fungsi melalui pembelajaran kelompok menggunakan media lingkungan sekitar pada kelompok A PAUD Melati Kota Bengkulu. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus dengan empat pertemuan di setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Melati Kota Bengkulu yang berjumlah 9 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui pembelajaran kelompok menggunakan media lingkungan sekitar dapat meningkatkan kemampuan klasifikasi berdasarkan fungsi dari rata-rata siklus I sebesar 2,88 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 4,55 dengan kriteria baik. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan media yang berbeda, lebih menarik dan menyenangkan bagi anak. Kata Kunci:Kemampuan Klasifikasi, Pembelajaran Kelompok, Media Lingkungan Sekitar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:15
Last Modified: 12 Jul 2023 01:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12746

Actions (login required)

View Item View Item