MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN PAPAN TITIAN (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok A Di PAUD Lestari Bengkulu Tengah )

Octaviani, Lidia and Sumarsih, Sumarsih and Melia, Eka Daryati (2019) MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN PAPAN TITIAN (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok A Di PAUD Lestari Bengkulu Tengah ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Lidia Octaviani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motorik kasar anak melalui bermain papan titian di kelompok A PAUD Lestari Bengkulu Tengah. Motorik kasar yang dinilai meliputi aspek keseimbangan dan kekuatan. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari tiga anak laki-laki dan tujuh anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan rumus penilaian rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motorik kasar melalui bermain papan titian dari rata-rata siklus I sebesar 3,3 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II sebesar 4,22 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa motorik kasar dapat ditingkatkan melalui bermain papan titian.. Kata Kunci: Bermain Papan Titian, Motorik Kasar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:26
Last Modified: 12 Jul 2023 01:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12750

Actions (login required)

View Item View Item