PENGARUH PERLAKUAN ALKALI DAN FRAKSI BERAT TERHADAP SIFAT MEKANIK KOMPOSIT HYBRID PARTIKEL CANGKANG TELUR DAN SERAT AGEL

Ramadhani, Ardi and Hestiawan, Hendri and Putra, Bismantolo (2021) PENGARUH PERLAKUAN ALKALI DAN FRAKSI BERAT TERHADAP SIFAT MEKANIK KOMPOSIT HYBRID PARTIKEL CANGKANG TELUR DAN SERAT AGEL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ARDI RAMADHANI G1C016013.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Produksi dan konsumsi telur ayam banyak menghasilkan limbah berupa cangkang telur dalam jumlah yang banyak. Limbah cangkang telur ayam yang tersedia belum dimanfaatkan dengan baik sehingga memicu pencemaran lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perlakuan alkali dan fraksi berat terhadap sifat mekanik komposit hybrid berpenguat partikel cangkang telur ayam dan serat agel. Bahan yang digunakan yaitu partikel cangkang telur dengan ukuran mesh 200, serat agel tenun, resin polyester yukalac 157 BQTN, katalis methyl ethyl peroxide (MEKP), mirror glaze dan sodium hydroxide (NaOH). Proses manufakturing menggunakan metode hand lay up. Cangkang telur diberikan perlakuan alkali sebesar 0, 5, dan 10% dengan fraksi berat partikel cangkang telur 0, 30, dan 40% dan serat agel yang digunakan sebanyak 2 (dua) lapis, Pengujian impak menggunakan standar ASTM D 5942 dan pengujian tarik menggunakan standar ASTM D 638. Hasil pengujian impak dan pengujian tarik menunjukkan bahwa perlakuan alkali dan fraksi berat mempengaruhi nilai ketangguhan impak dan kekuatan tarik. Ketangguhan impak dan kekuatan tarik tertinggi diperoleh pada fraksi berat partikel cangkang telur 40% tanpa perlakuan alkali masing-masing sebesar 57,79 kJ/m2 dan 8,21 MPa. Kata Kunci : Komposit, partikel cangkang telur, serat agel, perlakuan alkali.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:42
Last Modified: 01 Aug 2023 03:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12753

Actions (login required)

View Item View Item