Milani, Miranti and Saparahayuningsih, Sri and Wembrayarli, Wembrayarli (2019) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BALOK PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD IT UMMI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIBSI MIRANTI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan lebih dalam pelaksanaan model pembelajaran sentra balok pada anak kelompok B yang diselenggarakan oleh PAUD IT UMMI Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Hiberma. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi instrumen.Pelaksanaan pembelajaran sentra balok melalui 4 pijakan bermain yaitu: Pijakan lingkungan main, Pijakan sebelum main, Pijakan saat main, dan Pijakan setelah main. Kegiatan pijakan lingkungan main meliputi; Kegiatan pijakan sebelum main meliputi; Penyambutan anak, hafalan, berdoa, bernyanyi, diskusi tema, penjelasan jenis kegiatan dan aturan bermaian. Pelaksanaan pijakan saat main meliputi; anak bermain sesuai minat, guru memberikan bantuan dan motivasi kepada anak, guru melakukan penilaian. Kegiatan pijakan setelah main antara lain; membereskan mainan, duduk melingkar, hafalan, bernyanyi, evaluasi dan doa. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran adalah guru yang berkompeten dan keaktivan anak dalam pembelajaran, sedangkan faktor penghambat adalah ketersediaan alat main di sentra balok yang masih terbatas. Kata Kunci: pembelajaran AUD, sentra balok
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:02 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:02 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12759 |
Actions (login required)
View Item |