IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN (REINFORCEMENT) OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN (Studi Pada Kelompok B di PAUD Gugus Ceria Arga Makmur Bengkulu Utara)

Evayanti, Moryska Dwi and Suryadi, Didik and Delrefi, Delrefi (2019) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN (REINFORCEMENT) OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN (Studi Pada Kelompok B di PAUD Gugus Ceria Arga Makmur Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi keterampilan memberi penguatan (reinforcement) oleh guru dalam pembelajaran pada kelompok B di PAUD gugus ceria Arga Makmur, Bengkulu Utara pada keterampilan penguatan verbal, nonverbal, prinsip penggunaan, dan cara penggunaan penguatn. Metode penelitian adalah survei dengan subjek penelitian 10 guru kelompok B di PAUD gugus ceria. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi keterampilan memberi penguatan (reinforcement) oleh guru dalam pembelajaran adalah pada penguatan verbal frekuensi yang sering guru munculkan yaitu menggunakan kata-kata, penguatan nonverbal frekuensi yang sering guru munculkan yaitu gestural dan pemberian tanda atau simbol. Pada prinsip penggunaan penguatan frekuensi yang sering guru munculkan yaitu kehangatan dan antusias, kemudian cara penggunaan penguatan. Implikasi dalam penelitian ini bahwa aspek keterampilan memberi penguatan yang sering guru muculkan dalam pembelajaran yaitu, verbal menggunakan kata-kata, nonverbal gestural dan pemberian tanda atau simbol, prinsip penggunaan penguatan kehangatan dan antusias, dan cara penggunaan penguatan. Kata Kunci: Keterampilan memberi penguatan (Reinforcement)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:04
Last Modified: 12 Jul 2023 02:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12760

Actions (login required)

View Item View Item