PENERAPAN BERMAIN KONTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu)

Mustika, Mustika and Kurniah, Nina and Wembrayarli, Wembrayarli (2019) PENERAPAN BERMAIN KONTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Mustika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak dengan penerapan bermain konstruktif dengan media playdogh untuk meningkatkan motorik halus anak pada kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus stastistik uji rata-rata, ketuntasan belajar dan t-test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui penerapan bermain konstruktif media playdogh dapat meningkatkan motorik halus anak secara signifikan dengan ketuntasan klasikal mencapai 83,3% dan dibuktikan dengan hasil t-test yaitu thitung=12 lebih besar dari ttabel = 2,20 pada taraf signifikansi 5%. artinya ketuntasan belajar yang diperoleh anak sudah tercapai sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti berikutnya dapat melanjutkan penelitian tentang penerapan bermain konstruktif untuk meningkatkan motorik halus anak salah satunya dengan media playdogh maupun dengan jenis bermain konstruktif yang lainnya. Kata kunci: Bermain konstruktif, kemampuan mototri halus, playdogh.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:06
Last Modified: 12 Jul 2023 02:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12761

Actions (login required)

View Item View Item