PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI TK SE-GUGUS FLAMBOYAN KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU

Indah, Puspita Pelda and Suryadi, Didik and Mona, Ardina (2019) PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI TK SE-GUGUS FLAMBOYAN KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pendidikan karakter disiplin di TK Se-gugus Flamboyan Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 22 orang guru dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan statistik rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pendidikan karakter disiplin berada dalam klasifikasi kurang dengan nilai rata-rata 2,4. Peran guru sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, dan pelatih dalam karakter disiplin waktu berada pada klasifikasi kurang dengan nilai rata-rata 2,5. Peran guru sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, dan pelatih dalam karakter disiplin menegakkan aturan berada pada klasifikasi kurang dengan nilai rata-rata 2,4. Peran guru sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, dan pelatih dalam karakter disiplin sikap berada pada klasifikasi kurang dengan nilai rata-rata 2,5. Disarankan agar sekolah mengoptimalkan proses pendampingan pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter. Kata Kunci: Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Disiplin

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:43
Last Modified: 12 Jul 2023 02:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12770

Actions (login required)

View Item View Item