PERBEDAAN HASIL BELAJAR CALISTUNG PADA ANAK SD KELAS 2 BERDASARKAN TES BUATAN GURU BAGI ANAK YANG MEMPUNYAI LATAR BELAKANG PAUD DAN NON PAUD

Zalena, Reni and Kurniah, Nina and Anni, Suprapti (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR CALISTUNG PADA ANAK SD KELAS 2 BERDASARKAN TES BUATAN GURU BAGI ANAK YANG MEMPUNYAI LATAR BELAKANG PAUD DAN NON PAUD. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI & JURNAL RENI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar calistung berdasarkan tes buatan guru antara anak yang berlatar belakang PAUD dan non PAUD pada siswa kelas 2 di SDN 68 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah penelitian komparatif. Subyek penelitian ini terdiri dari 32 siswa yang berlatar belakang PAUD dan 18 sisya yang berlatar belakang non PAUD. Data dikumpulkan melalui dokumentasi yang berupa nilai tes calistung buatan guru (tes formatif). Data diolah dengan menggunakan uji Mann-Whitney atau U test dengan bantuan program SPSS (Statistical Program for Social Studies) versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar calistung pada anak SD kelas 2 berdasarkan tes buatan guru antara anak yang berlatar belakang PAUD dan non PAUD di SDN 68 Kota Bengkulu. Rekomendari dari penelitian ini adalah bagi orang tua yang mempunyai anak usia dini agar memasukkan anaknya ke dalam layanan PAUD. Kata Kunci: Hasil belajar calistung, tes buatan guru, anak PAUD, anak non PAUD

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:58
Last Modified: 12 Jul 2023 02:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12774

Actions (login required)

View Item View Item