“KAJI EKSPERIMENTAL EFEKTIVITAS KONDENSOR DALAM PROSES DESTILASI MINYAK ATSIRI BERBAHAN BAKU DAUN TANAMAN CENGKEH (Syzygium aromaticum)”

Wahyudi, Nur Salam and Puspawan, Angky and Nurul, Iman Supardi (2021) “KAJI EKSPERIMENTAL EFEKTIVITAS KONDENSOR DALAM PROSES DESTILASI MINYAK ATSIRI BERBAHAN BAKU DAUN TANAMAN CENGKEH (Syzygium aromaticum)”. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Nur Salam Wahyudi G1C014048.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Minyak Atsiri Daun Cengkeh (Clove leaf oil) merupakan salah satu komoditas penghasil devisa Negara. Minyak ini memiliki potensi yang strategis di pasar dunia yang memiliki kandungan senyawa eugenol, dan diketahui pula mampu menurunkan resiko kanker, obat sakit gigi, penyakit jantung coroner, stroke, artherosclerosis, ospteoporosis, inflamasi, penyakit neurodegeneratif, dan produk aroma terapi. Minyak Daun Cengkeh (Clove leaf oil) dihasilkan melalui proses destilasi atau penyulingan pada Daun Tanaman Cengkeh (Syzygium aromaticum). Namun, kualitas hasil produksi minyak atsiri daun cengkeh yang dihasilkan di Indonesia masih tergolong rendah karena umumnya diusahakan oleh petani atau penyuling tradisional yang pengawasan mutunya sangat kurang diperhatikan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini di rancang alat destilasi dengan spesifikasi skala laboratorium agar memudahkan dalam mengetahui efektifitas dari alat tersebut, dilakukan pengujian (eksperimental) secara langsung terhadap alat destilasi dengan metode uap air. Adapun data yang di ambil meliputi : rendemen minyak, bobot jenis, temperatur masuk dan keluar kondensor. Alat penyuling minyak atsiri dapat dibuat dengan kapasitas bahan baku 500 gram daun tanaman cengkeh, 2 Liter air, dan 1 jam waktu penyulingan dengan menggunakan bahan bakar gas LPG. Setelah di lakukan pengujian dengan menggunakan 3 variasi tekanan yaitu 0,5, 1,0 dan 1,5 bar bahwa kuliatas minyak atsiri yang terbaik terdapat pada tekanan 1,5 bar dengan kondensor model serpentine yaitu %rendemen 3,282%, dan bobot jenisnya 1,047, dan warna minyak kuning coklat tua. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan 3 variasi tekanan yaitu 0,5 bar, 1,0 bar dan 1,5 bar, serta variasi 2 model kondensor yaitu helical dan serpentine bahwa nilai efektivitas yang terbesar terdapat pada kondensor model serpentine dengan tekanan 1,5 bar yaitu 97,64% Kata Kunci : Daun tanaman cengkeh, Minyak atsiri, Destilasi, Kondensor, efektivitas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:43
Last Modified: 01 Aug 2023 03:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12776

Actions (login required)

View Item View Item