PENGARUH VARIASI CAIRAN PENDINGIN DAN PARAMETER PROSES TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA ASTM A36 PADA PROSES MILLING DENGAN METODE TAGUCHI DAN ANOVA

Hendrawan, Rozi and Hoten, Hendri Van and Putra, Bismantolo (2021) PENGARUH VARIASI CAIRAN PENDINGIN DAN PARAMETER PROSES TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA ASTM A36 PADA PROSES MILLING DENGAN METODE TAGUCHI DAN ANOVA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Rozi Hendrawan G1C017049.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Proses pemesinan merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengubah bentuk suatu benda kerja dengan cara membuang sebagian material dari benda kerja agar menjadi produk yang dinginkan dengan menggunakan mesin perkakas. Salah satu contoh proses pemesinan menggunakan mesin perkakas adalah proses pemesinan yang menggunakan mesin frais. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimasi parameter dalam proses milling. Pengambilan data dengan metode Taguchi dan ANOVA produk baja ASTM A36 dan umtuk mengetahui pengaruh cairan pendingin terhadap hasil kualitas kekasaran baja ASTM A36. Setelah dilakukan perhitungan dan grafik taguchi didapatkan faktor dan level yang optimal. Dimana faktor dan level tersebut yaitu kecepatan spindel 1100 rpm, kedalaman potong 0,5 mm, kecepatan makan 24 mm/menit dan cairan pendingin oli. Selanjutnya dari perhitungan ANOVA (Analisis of Varians) yang mendapatkan nilai F hitung. F hitung nantinya akan dibandingkan dengan nilai F tabel dengan tingkat kepercayaan 95%. Di perhitungan ini dijelaskan pada faktor kecepatan putaran spindel didapat hasil F hitung sebesar 8,159. Ini menunjukaan f hitung lebih besar dari f tabel (5,1433) yang berarti pengaruhnya signifikan. Sedangkan pada factor kedalaman potong, kecepatan makan dan cairan pendingin pengaruhnya tidak signifikan. Kata kunci: Milling, Baja ASTM A36, dromus, parameter proses, metode Taguchi dan ANOVA.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:43
Last Modified: 01 Aug 2023 03:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12779

Actions (login required)

View Item View Item