HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANGTUA DI RUMAH DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI SEKOLAH KELOMPOK B PAUD SE-GUGUS BUNGA ASTER DI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Harnanda, Riris Dwi and Saparahayuningsih, Sri and Delrefi, Delrefi (2019) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANGTUA DI RUMAH DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI SEKOLAH KELOMPOK B PAUD SE-GUGUS BUNGA ASTER DI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orangtua di rumah dengan kemampuan membaca anak di sekolah kelompok B PAUD Se-Gugus Bunga Aster di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel penelitian berjumlah 40 responden yaitu anak dan orangtua yang diambil dengan teknik proporsional stratified random sampling PAUD Se-Gugus Bunga Aster di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk bimbingan orangtua dan tes untuk kemampuan membaca anak. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi Chi Square menggunakan SPSS 22.0 For Windows. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa bimbingan yang diterapkan orangtua di rumah cenderung menerapkan bimbingan permisif kepada anaknya dan kemampuan membaca anak di sekolah mencapai kriteria penilaian baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat hubungan antara bimbingan orangtua di rumah dengan kemampuan membaca di sekolah dengan 2 hitung sebesar 7,911. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara bimbingan orangtua di rumah dengan kemampuan membaca anak di sekolah. Artinya orangtua yang selalu memberikan bimbingan di rumah kepada anaknya akan berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini menggunakan pola asuh yang lain atau kemampuan yang lain dan dapat melanjutkan penelitian ini dalam kawasan yang luas atau dibuktikan dengan gugus yang lain. Kata kunci: Bimbingan Orangtua, Kemampuan Membaca Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:19
Last Modified: 12 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12780

Actions (login required)

View Item View Item