PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A DI PAUD FATMA KENANGA BENGKULU

Wardani, Selly Anja and Saparahayuningsih, Sri and Anni, Suprapti (2019) PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A DI PAUD FATMA KENANGA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui penerapan teknik scaffolding pada Anak kelompok A di PAUD Fatma Kenanga Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Fatma Kenanga Bengkulu yang berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari enam orang anak laki-laki dan enam orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, data yang dikumpulkan adalah data kemandirian anak dan data mengajar guru. Hasil penelitian pada siklus I dalam meningkatkan kemandirian anak melalui penerapan teknik scaffolding sebesar 41,6% dengan kriteria cukup, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83% dengan kriteria baik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan teknik scaffolding terbukti dapat meningkatkan kemandirian anak, maka disarankan bagi guru untuk dapat menerapkan teknik scaffolding untuk meningkatkan kemandirian anak, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan kemandirian anak menggunakan teknik atau metode yang lainnya. Kata Kunci : Kemandirian, Teknik Scaffolding

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:25
Last Modified: 12 Jul 2023 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12784

Actions (login required)

View Item View Item