PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU

Istiqomah, Suci Sakina and Nasirun, Nasirun and Indrawati, Indrawati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SUCI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learing terhadap kemampuan pemecahan masalah pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design Quasi Eksperimental Design dengan design Matching Only Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B yang berjumlah 90 Anak. Teknik pengambilan sample menggunakan simple random sampling, sample dalam penelititian ini 30 anak, yang dibagi atas 15 anak pada kelas eksperimen dan 15 anak pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, dimana data sudah dipastikan normal dan homogen. Hasil uji statistis independent sample t-test didapatkan nilai sebesar 2,189, sedangkan nilai dengan taraf signifikan ( ) 5% atau 0,05 senilai 2,16. Dikarenakan > atau 2,189 > 2,16, maka ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Implikasi dalam penelitian ini adalah bahwa model Pembelajaran Project Based Learning berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia dini. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti lagi tentang kemampuan pemecahan masalah pada anak usia dini, dengan menggunakan model pembelajaran lain. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:36
Last Modified: 12 Jul 2023 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12790

Actions (login required)

View Item View Item