KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI KECEPATAN ALIRAN FLUIDA UDARA PADA PIPA YANG DILAPISI RESIN DALAM PROSES PERPINDAHAN PANAS TERHADAP EFEKTIVITAS HEAT EXCHANGER

MUHAMMAD IQBAL NASUTION, SYAHRIR and Puspawan, Angky and Agus, Nuramal (2021) KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI KECEPATAN ALIRAN FLUIDA UDARA PADA PIPA YANG DILAPISI RESIN DALAM PROSES PERPINDAHAN PANAS TERHADAP EFEKTIVITAS HEAT EXCHANGER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_Syahrir M. Iqbal Nasution (G1C016046).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pada pengembangan heat exchanger terus dilakukan untuk meningkatkan performa dan kegunaannya. Salah satu cara agar heat exchanger dapat bekerja pada kondisi asam adalah dengan melapisi permukaan perpindahan panas dengan resin. Untuk meningkatkan laju perpindahan panas yang menjadi fungsi utama heat exchanger cross flow, salah satu cara yang dilakukan adalah memvariasikan kecepatan udara dan temperatur air yang digunakan. Sedangkan pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perpindahan panas yang terdapat pada pipa yang dilapisi resin. Pada pengujian yang dilakukan memvariasikan temperatur air, yang mana pada temperatur yang dugunakan 60˚C, 70˚C, dan 80˚C. Sedangkan pada fluida dingin menggunakan kecepatan udara sebesar 3,0 m/s, 2,5 m/s, 2,0 m/s, 1,5 m/s dan 1,0 m/s. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kecepatan udara maka nilai koefisien perpindahan panas menyeluruh semakin besar. Data yang didapatkan disajikan ke dalam grafik hubungan laju perpindahan panas (Qaktual), koefisien menyeluruh (Ui) dan juga efektivitas perpindahan panas (%). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai yang paling tinggi untuk laju perpindahan panas dengan nilai yaitu 6558,48 kW pada temperatur 80˚C dengan kecepatan 3 m/s, sedangkan untuk nilai terkecilnya didapatkan pada tempertur 60˚C dengan kecepatan udara 1 m/s sebesar 1912,94 kW, kemudian untuk hasil nilai koefisien menyeluruh dengan nilai tertingi didapatkan pada temperatur 80˚C dengan kecepatan udara saat 3 m/s sebesar 719,48 kW/m²˚C dan untuk nilai terkecilnya pada temperatur 60˚C dengan kecepatan udara 1 m/s sebesar 225,38 kW/m²˚C, untuk nilai efektivitas yang didapatkan pada heat exchanger cross flow nilai yang paling tinggi yaitu 21,77 % pada temperatur 80˚C dengan kecepatan udara di 1 m/s, sedangkan untuk nilai terkecilnya didapatkan saat temperatur menurun di 60˚C dengan kecepatan udara saat 3 m/s sebesar 14,77 % , kemudian untuk nilai paling tinggi untuk laju untuk laju perpindahan panas dengan nilai sebesar 14,37 kW. Kata kunci : Heat exchanger, Cross Flow, Laju Perpindahan panas, Koefisien Perpindahan Panas Menyeluruh dan Efektivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:07
Last Modified: 01 Aug 2023 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12791

Actions (login required)

View Item View Item