PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok A PAUD Islam Intan Insani)

Tirta, Tirta and Kurniah, Nina and Wembrayarli, Wembrayarli (2019) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok A PAUD Islam Intan Insani). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Tirta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui kegiatan demonstrasi dengan menggunakan media papan flanel pada kelompok A PAUD Islam Intan Insani Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Islam Intan Insani Kota Bengkulu yang berjumlah 11 orang anak yang terdiri dari 3 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus statistik uji rata-rata, persentase ketuntasan belajar anak, dan t-test. Hasil penelitian membuktikan bahwa melalui metode demonstrasi dengan menggunakan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak secara signifikan dengan ketuntasan klasikal mencapai 81,81% serta dibuktikan dengan hasil analisis t-test siklus I dan siklus II, yakni dengan to= 16,4 ≥ ttabel (5% = 2,22 dan 1%= 3,16),. Artinya ketuntasan belajar yang diperoleh anak sudah tercapai sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Oleh karena itu, hal ini dapat dijadikan acuan dan referensi untuk peneliti selanjutnya tentang meningkatkan kemampuan berhitung dengan menggunakan langkah-langkah pada metode demonstrasi dengan media papan flanel. Kata kunci: Demonstrasi, Papan Flanel, Berhitung

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:03
Last Modified: 12 Jul 2023 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12793

Actions (login required)

View Item View Item