ANALISIS PENGARUH PLASTIK LDPE SEBAGAI BAHAN PENGGANTIm SEBAGIAN ASPAL DAN SERBUK BATU BATA SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN FILLER SEMEN PORTLAND mDALAM CAMPURAN AC-WC

Hermawan Tosa, Azhari and Reza Razali, Makmun and Samsul, Bahri (2021) ANALISIS PENGARUH PLASTIK LDPE SEBAGAI BAHAN PENGGANTIm SEBAGIAN ASPAL DAN SERBUK BATU BATA SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN FILLER SEMEN PORTLAND mDALAM CAMPURAN AC-WC. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI (AzharI. H.T G1B015029).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian terkait campuran beraspal panas menggunakan limbah plastik jenis LDPE (Low Density Poly Etheline) di indonesia sudah dimulai sejak tahun 2008 oleh PUSJATAN Indonesia. Menggunakan material yang ramah lingkungan dalam campuran beraspal dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanannya terhadap deformasi kendaraan terus diperdalam hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji karakteristik marshall pada campuran Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) menggunakan material filler yang berasal dari serbuk batu bata dengan kadar 10% (variasi 1), 20% (variasi 2), 30% (variasi 3), dan 40% (variasi 4), serta pada setiap variasi penggunaan kadar aspalnya digantikan oleh 6% limbah cacahan plastik LDPE. Penelitian dilakukan di laboratorium dengan serangkaian pengujian sesuai dengan prosedur yang disyaratkan dalam Standar Nasional Indonesia Bidang Jalan dan Jembatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campuran AC-WC dengan berbagai variasi yang diujikan telah memenuhi Spesifikasi Khusus Interim Campuran Beraspal Panas Menggunakan Limbah Plastik 2017. Hasil terbaik terjadi pada variasi 1 pada kadar aspal 6,14% campuran AC-WC dengan filler serbuk batu bata sebesar 10% dan penggantian aspal sebesar 6% oleh limbah cacahan plastik LDPE, merupakan variasi terbaik karena nilai stabilitas sebesar 2300,34 kg, nilai MQ sebesar 625,20 kg/m serta nilai density 2,4 t/m3 lebih tinggi dari pada nilai stabilitas pada variasi 2, variasi 3 dan variasi 4. Kata Kunci : Plastik LDPE, Serbuk batu bata, Filler, AC-WC (Asphalt Concrete Wearing Course)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:08
Last Modified: 01 Aug 2023 04:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12802

Actions (login required)

View Item View Item