KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN MUARA SAHUNG KABUPATEN KAUR (Studi Deskriptif pada Kelompok B)

Susanti, Juni and Suryadi, Didik and Mona, Ardina (2019) KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN MUARA SAHUNG KABUPATEN KAUR (Studi Deskriptif pada Kelompok B). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI Juni Susanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca awal anak Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok B PAUD se-Kecamatan Muara Sahung. Sampel penelitian sebanyak 69 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui serangkaian tes. Analisis data menggunakan statistik rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca awal anak berada dalam kriteria rendah dengan nilai persentase 39,8%. Sub variabel kesadaran fonemik berada dalam kriteria Rendah dengan nilai persentase 21,8%. Sub variabel pengetahuan tentang huruf cetak berada dalam kriteria tinggi dengan nilai persentase 66,8%. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan dengan meneliti kemampuan membaca dalam rentang usia yang berbeda atau dapat melakukan penelitian dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak yang masih dalam kriteria rendah agar mencapai kriteria Tinggi. Kata Kunci : Kemampuan Membaca Awal, kesadaran fonemik, huruf cetak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:33
Last Modified: 12 Jul 2023 04:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12808

Actions (login required)

View Item View Item