PERBANDINGAN ANALISIS STRUKTUR BERDASARKAN VARIASI RESPON SPEKTRA AKSELERASI SNI 1726:2019 DAN DESAIN SPEKTRA PERCEPATAN LOKAL PADA STRUKTUR GEDUNG PEMBELAJARAN TERPADU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIB

Hardian, Denni and Sri Wahyuni, Ade and Mukhlis, Islam (2022) PERBANDINGAN ANALISIS STRUKTUR BERDASARKAN VARIASI RESPON SPEKTRA AKSELERASI SNI 1726:2019 DAN DESAIN SPEKTRA PERCEPATAN LOKAL PADA STRUKTUR GEDUNG PEMBELAJARAN TERPADU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIB. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DENNI HARDIAN (G1B016009).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (33MB)

Abstract

Kota Bengkulu merupakan daerah yang rawan terjadi bencana gempa. Gempa dapat menyebabkan kegagalan struktur pada gedung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa beban gempa yang bekerja berdasarkan peraturan SNI 1726:2019 dan Desain Spektra Percepatan Lokal. Penelitian dilakukan pada struktur Gedung Pembelajaran Terpadu Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB. Analisa dilakukan untuk menganalisis kekuatan, kekakuan dan mengetahui desain elemen struktur yang sesuai dengan hasil analisa. Metode respon bangunan terhadap gempa dilakukan dengan metode dinamik respon spektrum. Penelitian ini dilakukan dengan membuat pemodelan gedung berdinding dan tanpa dinding menggunakan aplikasi SAP2000. Hasil analisa berupa gaya-gaya dalam struktur yang selanjutnya dijadikan acuan untuk mendesain elemen struktur. Perhitungan elemen struktur mengacu pada peraturan SNI 2847:2019 dan perhitungan pembebanan mengacu pada peraturan SNI 1727:2020. Hasil penelitian ini berupa jumlah minimal tulangan yang diperlukan struktur untuk memikul beban gempa sesuai dengan SNI 1726:2019 dan Desain Spektra Percepatan Lokal. Hasil analisa digunakan untuk mengidentifikasi kemungkinan terjadinya mekanisme efek lantai lunak(soft story), kemungkinan terjadinya mekanisme efek kolom pendek (short column), dan pola ragam getar (mode shape) yang berpengaruh terhadap pola kegagalan struktur. Hasil analisa menunjukkan bahwa terjadi peningkatan gaya-gaya dalam seperti gaya aksial (Pu), gaya geser (Vu), dan momen (Mu). Gedung Pembelajaran Terpadu Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB memiliki resiko mengalami efek lantai lunak pada lantai 1 dan lantai 2, dan rentan terjadi kegagalan torsi. Meningkatnya gaya-gaya dalam berpengaruh terhadap tulangan utama dan geser, elemen struktur di gambar kerja sebagian besar kurang dari kebutuhan hasil analisa pada elemen struktur. Kata Kunci : Respon Spektum, efek lantai lunak, efek kolom pendek, pola ragam getar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:09
Last Modified: 01 Aug 2023 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12809

Actions (login required)

View Item View Item