PENGARUH ABRASI TERHADAP BANGUNAN PEMECAH GELOMBANG (BREAKWATER) DI PANTAI PANTAI PASIR PUTIH KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN METODE EMPIRIS DAN ANALISIS NUMERIK

Fauzan Lutvi, Febyyola and Besperi, Besperi and Gusta, Gunawan (2022) PENGARUH ABRASI TERHADAP BANGUNAN PEMECAH GELOMBANG (BREAKWATER) DI PANTAI PANTAI PASIR PUTIH KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN METODE EMPIRIS DAN ANALISIS NUMERIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI FEBYYOLA FAUZAN LUTVI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (38MB)

Abstract

Abrasi merupakan masalah yang sering terjadi di kawasan garis pantai yang perlu diatasi. Analisis abrasi digunakan untuk melihat perubahan pada garis pantai. Penanggulangan abrasi salah satunya dengan menggunakan bangunan pengaman pantai yaitu bangunan pemecah gelombang (breakwater). Bangunan pemecah gelombang (breakwater) adalah salah satu dari bangunan pengaman pantai yang berfungsi untuk memecah ombak atau gelombang dengan menyerap sebagian energi dari gelombang. Energi gelombang yang berhasil dipecahkan sehingga resiko kerusakan pantai atau abrasi pantai dapat diperkecil. Berdasarkan hasil perhitungan Indeks Kerentanan Pantai (IKP), banyak ditemukan pesisir pantai yang mengalami kerusakan akibat terjadinya abrasi, nilai IKP terbesar berada di Pantai Pasir Putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari abrasi terhadap bangunan pemecah gelombang (breakwater) dan mengetahui dimensi bangunan pemecah gelombang yang efektif untuk penanggulangan abrasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan secara empiris dari Murobuse dan Sato. Penelitian ini menghasilkan perencanaan dimensi bangunan yaitu lebar puncak 4 m dan tinggi bangunan 9 m. Analisis kekuatan pada bangunan pemecah gelombang (breakwater) yang direncanakan yaitu breakwater memiliki stabilitas guling sebesar 178,83 > 1,5 dan stabilitas geser sebesar 5,21 > 1,5. Sehingga dapat diperkiran bangunan pemecah gelombang (breakwater) dapat menanggulangi abrasi yang terjadi. Kata kunci : Abrasi, Breakwater, Murobuse, Pantai Pasir Putih, Sato, Stabilitas Breakwater.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:08
Last Modified: 01 Aug 2023 04:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12810

Actions (login required)

View Item View Item