KEHIDUPAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU YANG MEMPUNYAI HOBBY GAME (Studi kasus mahasiswa Unib sebagai gamers Pada Gamers Station di JL. Fatmawati Kel. Penurunan Kec. Ratusamban Kota Bengkulu)

Rarantika, Astri and Zulkarnain, Rufran and Ririn, Gusti (2019) KEHIDUPAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU YANG MEMPUNYAI HOBBY GAME (Studi kasus mahasiswa Unib sebagai gamers Pada Gamers Station di JL. Fatmawati Kel. Penurunan Kec. Ratusamban Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FULL ASTRI RARANTIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kehidupan mahasiswa Universitas Bengkulu yang mempunyai hobby game ( Studi Kasus Mahasiswa Unib sebagai gamers pada Gamers Station di JL. Fatmawati Kel. Penurunan Kec. Ratu Samban Kota Bengkulu, subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga orang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pemeriksaan keabsahan dengan menggunakan teknik trianggulasi teknik, trianggulasi waktu dan trianggulasi subek. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, faktor penyebab mahasiswa ketagihan bermain game onlinedisebabkan oleh faktor kepuasan yang dirasakan oleh ketiga subjek dengan tujuan untuk kesenangan karena merasa penat dengan aktifitas perkuliahan dan didasarkan atas mengisi kekosongan hari untuk dipergunakan agar merasa terhibur dan menghilangkan stress serta menambah teman. Kedua, prilaku sosial mahasiswa gamers dikampus menunjukan tindakan-tindakan yang baik dan rasa hormat kepada orang lain. Ketiga subjek adalah mahasiswa yang aktif dalam mengikuti aktifitas kampus dibuktikan dengan keikutsertaan subjek dalam perkuliahan dan organisasi kampus.Ketiga, prilaku moral mahasiswa gamers dikampusyaitu menampilkan diri sebagai sosok yang bermoral baik. Nilai moral tersebut seperti kesopanan, ramah, rendah hati, suka menolong tertanam di dalam diri ketiga subjek.Keempat, cara mengendalikan hobby bermain game online agar tidak berpengaruh pada prestasi akademik bahwa ketiga subjek mempunyai niat yang kuat untuk mengatasi dan menghindari kecanduan game dengan menanamkan kedalam diri mereka bahwa kegiatan bermain game merupakan fasilitas penghibur atas kepenatan dan stress yang dialami dikehidupan sehari-hari. Kata Kunci :Kehidupan, Mahasiswa Unib, Hobby Bermain , Game

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:46
Last Modified: 12 Jul 2023 06:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12813

Actions (login required)

View Item View Item