UPAYA PENGELOLA USAHA BATU BATA DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA ( Study Kasus Pada Pengelola Usaha Batu Bata Pak Aripan di Kelurahan Bentiring Permai Kota Bengkulu)

Agustio, Dapit and Abdullah, Ilham and Ririn, Gusti (2019) UPAYA PENGELOLA USAHA BATU BATA DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA ( Study Kasus Pada Pengelola Usaha Batu Bata Pak Aripan di Kelurahan Bentiring Permai Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
DAPIT AGUSTIO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Upaya apa yang dilakukan Pak Aripan selaku pengelola usaha batu bata dalam meningkatkan pendapatannya; (2) Keberhasilan apa yang telah dicapai oleh Pak Aripan sebagai pengelola dari hasil produksi batu bata; (3) Kenda la-kendala apa yang ditemui dalam mengelola usaha produksi batu bata merah; (4) Upaya inovatif apa yang dilakukan pengelola dalam mengatasi kendala-kendala usaha batu bata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian Bapak Aripan selaku pengelola dan pemilik usaha batu bata, Ibu Susi selaku Istri Bapak Aripan, Bapak Soni selaku pelanggan usaha batu bata Bapak Aripan, Pak Joko dan Ibu Davi selaku karyawan usaha batu bata Bapak Aripan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dandokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.Hasil penelitian menunjukan; (1) Upaya yang dilakukan Pak Aripan selaku pengelola usaha batu bata dalam meningkatkan pendapatannya yaitu Bapak Aripan mengatur waktu didalam proses pembuatan sampai pemasaran batu bata agar tercapai target dengan baik. (2) Keberhasilan yang telah dicapai oleh Pak Aripan sebagai pengelola dari hasil produksi batu bata yaitu bisa membeli mobil, motor, membiayai pendidikan anak-anaknya, dan memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari. (3) Kendala-kendala yang ditemui dalam mengelola usaha produksi batu bata merah yaitu mempersiapkan bahan untuk pembakaran batu bata seperti kayu bakar yang sulit dan kadang kayu bakar habis sebelum batu bata matang. (4) Upaya inovatif yang dilakukan pengelola dalam mengatasi kendala-kendala usaha batu bata yaitu Bapak aripan menggunaka inovasi dengen membuat merk cap 3P, menggunakan mesin traktor dalam membuat adonaan tanah, menggunakan mesin air untuk membasahi adonan tanah, dan mengunakan Pemotong terbuat dari besi untuk pemotong percetakan batu bata. Kata kunci : Pengelolaan, Peningkatan pendapatan keluarga, Usaha batu bata.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:00
Last Modified: 12 Jul 2023 07:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12816

Actions (login required)

View Item View Item