Agustina, Diah and Abdullah, Ilham and Sofino, Sofino (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) MAHASIWA UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE 86 TAHUN 2018 DI DESA TEBAT MONOK KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
skripsi diah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Universitas Bengkulu periode 86 di Desa Tebak Monok Kabupaten Kepahiang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Bengkulu periode 86 tahun 2018 di Desa Tebat Monok, pihak pemerintahan desa Tebat Monok, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Pihak P3KKN Universitas Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dandokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untukmenjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.Hasil penelitian menunjukan: (1) Bentuk proses perumusan isi program program unggulan yang dilaksanakan adalah sosialisasi dan pelatihan teknik pengemasan dan labelling produk, program pendukung yang dilaksanakan yaitu ada 23 program dari 6 bidang yang terdiri dari bidang sarana dan prasarana, pemberdayaan masyarakat di bidang perekonomian dan produksi, bidang pendidikan dan sosial budaya, bidang kesehatan dan kebersihan, bidang kelestarian dan lingkungan, dan bidang administrasi desa. (2) Bentuk pelaksanaan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan adalah pelatihan jahe instan dan sirup jahe merah, pelatihan pembuatan selai mix fruit, pelatihan pembuatan nugget pisang, pelatihan pembuatan teh daun kopi, pelatihan nugget labu kuning, pelatihan pembuatan manisan pepaya, pelatihan pemasaran dan teknik pengemasan serta labelling produk. (3) Hasil dari pemberdayaan masyarakat yang dilakukan: Terciptanya ide-ide kreatif dari masyarakat dan masyarakat juga sudah mengubah tampilan label produk makanan yang mereka jual dengan label yang lebih menarik, kaum ibu-ibu yang sudah mulai mencoba membuat sirup jahe merah , masyarakat memberikan usulan untuk melakukan pelatihan di kebunnya, menerapkan teknik pengemasan dan label. (4) Peran Dosen Pembimbing Lapangan yaitu menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan yang ad Kata kunci :Pemberdayaan masyarakat, Pelatihan, Kesejahteraan keluarga
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:28 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:28 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12827 |
Actions (login required)
View Item |