DAMPAK PENGALIHAN ARUS LALU LINTAS TERHADAP KINERJA JARINGAN JALAN SAAT TERJADI BENCANA DI KAWASAN BENCOOLEN MALL KOTA BENGKULU

Satria Nugraha Putra, Wayan and Hardiansyah, Hardiansyah and Annisa, Fitria Edriani (2022) DAMPAK PENGALIHAN ARUS LALU LINTAS TERHADAP KINERJA JARINGAN JALAN SAAT TERJADI BENCANA DI KAWASAN BENCOOLEN MALL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Laporan Skripsi Wayan Satria Nugraha Putra (G1B016041).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui kinerja jaringan jalan di kawasan Bencoolen Mall Kota Bengkulu dengan skenario pengalihan arus lalu lintas menuju ruas jalan baru apabila jembatan di Jalan Sedap Malam terputus saat evakuasi bencana. Jaringan jalan dimodelkan menggunakan aplikasi ZIN Macrosimulation dalam cakupan makro (wilayah) menggunakan perencanaan transportasi 4 Steps Model. Perencanaan transportasi 4 Steps Model merupakan empat tahapan dalam pemodelan transportasi, terdiri dari bangkitan dan tarikan pergerakan, distribusi pergerakan lalu lintas, pemilihan moda, dan pembebanan lalu lintas. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu data arus lalu lintas, geometrik jalan, kuesioner, serta peta jaringan jalan. Pemodelan diawali dengan membuat model jaringan jalan berdasarkan peta, kemudian dilakukan input data ke dalam aplikasi. Hasil pemodelan dapat berupa gambar distribusi arus lalu lintas maupun data Excel. Perbandingan hasil pemodelan eksisting dengan pemodelan geometrik jalan tetap saat evakuasi yaitu terjadi perubahan tingkat pelayanan pada jalan Pariwisata I, jalan Pariwisata II, jalan Sedap Malam I, jalan Sedap Malam II, jalan Putri Gading Cempaka, dan jalan Cempaka dengan nilai awal berturut-turut yaitu B, B, A, A, A, A menjadi A, A, A, B, A, B. Pemodelan dengan penambahan ruas jalan baru dan pengalihan arus lalu lintas menunjukkan peningkatan pelayanan jalan dibandingkan dengan kondisi geometrik jalan tetap, yaitu pada jalan Sedap Malam II dan jalan Cempaka yang memiliki tingkat pelayanan jalan B berubah menjadi A. Skenario ini juga efektif untuk 5 tahun kedepan. Ini menunjukkan skenario yang diterapkan merupakan solusi tepat untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas saat evakuasi bencana di kawasan Bencoolen Mall Kota Bengkulu. Kata Kunci: Bencana, Evakuasi, ZIN Macrosimulation, Kinerja Jaringan Jalan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:09
Last Modified: 01 Aug 2023 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12835

Actions (login required)

View Item View Item