MOTIVASI PENGUSAHA KERUPUK MEMPEKERJAKAN ANAK- ANAK DALAM PEMASARAN (Studi Kasus pada Pengusaha Kerupuk di Gang Merpati 19 Rawa Makmur Kota Bengkulu)

Roliza, Ficke and Wadin, Wahiruddin and Ririn, Gusti (2019) MOTIVASI PENGUSAHA KERUPUK MEMPEKERJAKAN ANAK- ANAK DALAM PEMASARAN (Studi Kasus pada Pengusaha Kerupuk di Gang Merpati 19 Rawa Makmur Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FICKE.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi pengusaha kerupuk mempekerjakan anak-anak dalam pemasaran (studi kasus pada pengusaha kerupuk di gang merpati 19 rawa makmur kota bengkulu), subjek penelitian ini sebanyak tiga orang. penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksa keabsahan dengan menggunakan teknik trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, motivasi primer pengusaha kerupuk mempekerjakan anak-anak dalam pemasaran yaitu lebih banyak memperoleh keuntungan, memproduksi lebih mudah dan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi selain itu membantu anak-anak yang bekerja memenuhi kebutuhannya. Kedua, motivasi sekunder pengusaha kerupuk mempekerjakan anak-anak dalam pemasaran karena anak-anak yang bekerja tidak memilik banyak tuntutan dalam bekerja seperti kenaikan gaji atau tuntutan lainnya. Ketiga, motivasi intrinsik pengusaha kerupuk mempekerjakan anak-anak dalam pemasaran yaitu karena merasa kasihan kepada anak-anak yang membutuhkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi orang tua nya dalam kebutuhan pokok dan biaya sekolah. Keempat, motivasi ekstrinsik pengusaha kerupuk mempekerjakan anak-anak dalam pemasaran yaitu karena melihat seseorang pengusaha kerupuk juga mempekerjakan anak- anak dalam berjualan kerupuk memperoleh keuntungan dan kondisi lingkungan ekonomi keluarga sulit yang membuat anak untuk bekerja. Kata Kunci : Motivasi Pengusaha, Mempekerjakan Anak-anak, Dalam Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:11
Last Modified: 12 Jul 2023 08:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12839

Actions (login required)

View Item View Item