ANALISIS TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 DOMAIN DSS (STUDI KASUS: SUB. BAGIAN INFRASTRUKTUR PERTANAHAN ATR/BPN KOTA BENGKULU)

AKMAL NASUTION, SANDHY and Vatresia, Arie and Ferzha, Putra Utama (2021) ANALISIS TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 DOMAIN DSS (STUDI KASUS: SUB. BAGIAN INFRASTRUKTUR PERTANAHAN ATR/BPN KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Sandhy Akmal G1F017025.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ATR/BPN Kota Bengkulu menggunakan teknologi informasi untuk mengelola pencatatan tanah, menggambar bidang tanah, dan untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di masing-masing daerah untuk dilaporankan. Dalam penggunaan TI-nya belum menerapkan Best Practice dan belum pernah dilakukan evaluasi sehingga belum tahu tingkat Capability-nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi pada ATR/BPN Kota Bengkulu untuk mempercepat pelaporan ke pusat. Framework yang digunakan dalam analisis TI adalah COBIT 5 dengan fokus Domain DSS (Delivery, Service and Support). Hasil Penelitian ini adalah melakukan pemetaan terhadap rencana strategis ATR/BPN Kota Bengkulu dengan IT-Related Goals COBIT 5 dengan dimensi BSC (Balanced Score Card) dimana mendapatkan hasil domain DSS01, DSS02, DSS03, DSS04, DSS05, dan DSS06. Dan hasil setiap domain DSS yang digunakan adalah DSS01 Manage Operations dengan nilai 3.75, DSS02 Manage Service Request and Incidents dengan nilai 3.63, DSS03 Manage Problems dengan nilai 3.5, DSS04 Manage Continuity dengan nilai 3.70, DSS05 Manage Security Services dengan nilai 3.64 dan DSS06 Manage Business Process Controls dengan nilai 3.92. Dengan hasil tersebut domain DSS mendapatkan nilai >3. Sehingga dilakukan pembulatan termasuk kedalam Level 4 Predictable Process dan rekomendasi yang diberikan untuk mencapai kriteria berikutnya yaitu Level 5 Optimizing Process. Kata Kunci: Teknologi Informasi, Analisis, COBIT 5, DSS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:09
Last Modified: 01 Aug 2023 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12842

Actions (login required)

View Item View Item