ANALISIS KALIMAT DALAM OPINI PADA SURAT KABAR HARIAN RAKYAT BENGKULU (RB) EDISI JANUARI 2016 (KAJIAN FUNGSI, KATEGORI, DAN PERAN)

Purnama Asri, Ayu and Supadi, Supadi (2017) ANALISIS KALIMAT DALAM OPINI PADA SURAT KABAR HARIAN RAKYAT BENGKULU (RB) EDISI JANUARI 2016 (KAJIAN FUNGSI, KATEGORI, DAN PERAN). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 18 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fungsi, kategori, dan peran sintaksis kalimat tunggal dalam opini pada surat kabar Harian Rakyat Bengkulu (RB) edisi Januari 2016. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan datanya yaitu kalimat tunggal dalam opini pada surat kabar Harian Rakyat Bengkulu (RB) edisi Januari tahun 2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik permutasi dan teknik parafrase. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu penulis memperoleh sebanyak 168 kalimat tunggal dari 13 opini. Kalimat tunggal tersebut terdiri dari beberapa fungsi, yaitu S, P, O, Pel, dan Ket. Fungsi-fungsi unsur kalimat diisi oleh berbagai kategori dan peran. Untuk mengetahui kebenaran fungsi unsur kalimat dan pengisinya, maka penulis melakukan pengujian dengan teknik analisis data. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) kalimat tunggal yang diperoleh dominan berpola SP, yaitu 33 kalimat; 2) Fungsi S diisi oleh kategori N dan V, fungsi P diisi oleh kategori V, Adj, dan Num, fungsi O diisi oleh kategori N dan Num, fungsi Pel diisi oleh kategori N, V, Prep, dan Adj, fungsi Ket diisi oleh kategori Prep, V, N, dan Adj; 3) Fungsi S menyatakan peran sebagai pelaku, penderita, pengalam, dikenal, alat, terjumlah, sebab, dan tempat. Fungsi P menyatakan peran sebagai perbuatan, keadaan, pengenal, proses, tempat, keberadaan, dan pemerolehan. Fungsi O menyatakan peran sebagai penderita dan hasil. Fungsi Pel menyatakan peran sebagai hasil, penderita, dan tujuan. Fungsi Ket menyatakan peran sebagai keterangan tempat, waktu, cara, penerima, pelaku, alat, tujuan, peserta, keseringan, dan peserta. Kata kunci: Fungsi, kategori, dan peran, kalimat tunggal dalam opini pada surat kabar Harian Rakyat Bengkulu (RB) edisi Januari tahun 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:53
Last Modified: 18 Oct 2017 02:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12846

Actions (login required)

View Item View Item