PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Dwi Futri, Erwinda and Ariesta, Ria (2017) PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi ERWINDA DWI FUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 18 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Sesuai dengan tujuan dan rumusan masalah maka penelitian ini tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah sebagai berikut, untuk mengetahui dan menganalisis. Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Mengunakan metode deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yakni prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa katakata tertulis atau lisan dari orang-orang dan fenomena yang dapat diamati dan diarahkan pada latar alamiah dan individu tersebut secara menyeluruh. Hasil Penelitian pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 diterapkan strategi pembelajaran langsung model problem based learning dengan mengunakan metode diskusi, penugasan dan tanya jawab. Pada RPP yang dibuat oleh kedua informan tidak tercantum metode dan alat pembelajaran tetapi pada pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode dan alat pembelajaran. Proses belajar mengajar sudah menerapkan kegiatan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan kurikulum 2013, yang terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pada setiap kegiatan sudah dilakukan dengan baik. Pada pelaksanaan pembelajaran ada beberapa kelas yang belum mengaplikasikan kegiatan mengkomunikasikan, hal ini dikarenakan kurangnya waktu yang dibutuhkan dalam proses kegiatan belajar. Kata kunci: Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:13
Last Modified: 18 Oct 2017 03:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item