UPAYA DALAM MENCAPAI PRESTASI PROGRAM EKSTRAKULIKULER DI YAYASAN PESANTREN ISLAM ALAZHAR CABANG BENGKULU SD ISLAM AL AZHAR 51 KOTA BENGKULU

Eliza, Lita and Rachmat, Agus Zainal and Izzudin, Izzudin (2018) UPAYA DALAM MENCAPAI PRESTASI PROGRAM EKSTRAKULIKULER DI YAYASAN PESANTREN ISLAM ALAZHAR CABANG BENGKULU SD ISLAM AL AZHAR 51 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
lita skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah:(1) mengetahui perencanaan dalam mencapai prestasi kegiatan ekstra kulikuler (2) mengetahui pelaksanaandalam mencapai prestasi kegiatan ekstra kulikuler (3) mengetahui usaha inovatif yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualias kegiatan ekstra kulikuler (4) mengetahui pengawasan yang dilakukan guru dalam kegiatan ekstra kulikuler (5) mengetahui evaluasi dalam mencapai prestasi kegiatan ekstra kulikuler. Metode Penelitianyang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang menjadi partisipan penelitian ialah Bapak Nawawi selaku kepala sekolah, Bapak Joni Ade Saputra,S.Sos selaku pelatih ekstra kulikuler pancak silat atau ASBD, dan Yeni selaku pelatih ekstra kulikuler Robotik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reliabilitas data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan bahwa upaya mencapai prestasi dalam kegiatan ekstra kulikuler di Yayasan pesantren islam al azhar SD islam al azhar 51 kota Bengkulu yang meliputi perencanaan mencapai prestasi dalam kegiatan ekstra kulikuler . Pada pelaksanaan melakukan seminggu 2x, peran guru menggoordiner dalam kegiatan itu,dana yang didapat dari orang tua dan sekolah, adapun faktor pendukung fasilitas sedangkan faktor penghambat kurangnya keuangan. Usaha inovatif yng dilakukan disiplin waktu. Kemudian dilakukan pengawasan oleh guru secara langsung dengan mengamati kegiatan,evaluasi di lakukan sebulan sekali setiap rapat perbulan. Kata Kunci: Upaya, Prestasi, Ekstra kulikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:10
Last Modified: 13 Jul 2023 01:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12853

Actions (login required)

View Item View Item