ANALISIS WACANA PADA OPINI DI HARIAN KOMPAS DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS WACANA MODEL VAN DIJK

Lativatul, Villah and Suryadi, Suryadi (2017) ANALISIS WACANA PADA OPINI DI HARIAN KOMPAS DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS WACANA MODEL VAN DIJK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI LATIVATUL JANNAH VILLAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 18 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks, kognisi sosial, dan konteks sosial pada opini di Harian Kompas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tiga opini bertema pendidikan yang membahas tentang Ujian Nasional (UN). Sumber data diambil dari Harian Kompas Edisi 8 Januari 2016, Edisi 9 Januari 2016, dan Edisi 3 Februari 2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) Membaca artikel atau berita mengenai peristiwa Ujian Nasional (UN), (2) Mereduksi data, (3) Menganalisis data dengan menggunakan model analisis wacana Van Dijk, (4) Menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran: (1) Secara keseluruhan, ketiga opini yang dianalisis membahas permasalahan pendidikan di Indonesia terkait dengan UN. Skema atau alur yang ditampilkan oleh ketiga penulis opini disusun secara utuh dan berurutan. Pada tataran sintaksis seperti kata ganti, tiga penulis opini seluruhnya menggunakan kata ganti “kita”. Kemudian, pemilihan kata yang digunakan oleh ketiga opini ini adalah menggunakan kata formal dan istilah. Elemen grafis juga terlihat pada ketiga opini ini seperti pemakaian huruf miring dan pemakaian tanda petik. Kemudian, penggunaan metafora juga muncul pada ketiga opini ini yang menjadi elemen penguat dalam memberikan pesan terhadap permasalahan UN dalam dunia pendidikan. (2) Koginisi atau pandangan ketiga penulis opini terlihat jelas pada opini yang ditulisankan. Melalui tulisan-tulisan mereka tergambarkan bahwa permasalahan pendidikan terkait dengan Ujian Nasional (UN) di Indonesia tidak pernah selesai. Dalam opini-opini tersebut juga menggambarkan kritikan dan sindiran terhadap pemerintah. (3) Wacana yang berkembang pada saat wacana-wacana ini dituliskan karena efek dari pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2016. Ketiga opini ini merupakan bentuk kritik penulis opini terhadap situasi dan kondisi yang terjadi. Dunia pendidikan selalu muncul masalah karena faktor dari kebijakan pemerintah. Hal ini tergambar melalui opini yang berjudul “Ekosistem Moral Pendidikan”, “Tindak Lanjut UN sebagai Pemetaan”, “Dosa Birokrasi terhadap Pendidikan”. Kata kunci: Analisis Wacana Kritis, Opini, Harian Kompas, Model Analisis Wacana Van Dijk.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:28
Last Modified: 18 Oct 2017 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12853

Actions (login required)

View Item View Item