PERANCANGAN FASILITAS PONDOK PESANTREN MODERN IHYAUL QUR’AN BENGKULU TENGAH DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ISLAM

HAFIZ ALFARIZI, MUHAMMAD and Seftyarizky, Debby and Abdul, Hamid Hakim (2022) PERANCANGAN FASILITAS PONDOK PESANTREN MODERN IHYAUL QUR’AN BENGKULU TENGAH DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ISLAM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI (M. HAFIZ ALFARIZI G1E017006).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu Lembaga Pendidikan islam tertua di Indonesia dan pertama kali berkembang pesat di pulau jawa. Pondok pesantren modern atau “khalafiyah” adalah pondok pesantren yang menampilkan kesan kemajuan didalam sistem pembelajarannya namun tidak menghilangkan ajaran tentang kesederhaan dalam pendidikan. Pendidikan pondok pesantren modern sudah berkembang di Kabupaten Bengkulu Tengah, salah satunya adalah Pondok Pesantren Modern Ihyaul Qur’an. Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 2015 namun memiliki lokasi tersendiri pada tahun 2017. Karena termasuk pondok pesantren yang masih baru, maka fasilitas yang masih banyak belum tersedia juga menjadi permasalahan di pondok pesantren ini. Beberapa ketidaktersediaan fasilitas penting pada pondok pesantren ini menjadi alasan dibutuhkan perancangan ulang masterplan pondok pesantren. Sebagai lembaga pendidikan dibawah naungan agama islam pondok pesantren akan lebih baik memiliki konsep islami dalam lingkungan binaan yang diciptakan, sehingga pendekatan arsitektur islam akan digunakan dalam merancang pondok pesantren. Pendekatan arsitektur islam yang dipakai dalam perancangan yaitu pada bagian eksterior bangunan fasilitas utama berupa fasad dan menara, bagian interior bangunan fasilitas utama berupa ornamentasi dan partisi, serta bagian site berupa orientasi pada landscape dan bangunan utama. Kata kunci : Pondok Pesantren Modern, Fasilitas Pondok Pesantren, Pendekatan Arsitektur Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:11
Last Modified: 01 Aug 2023 04:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12854

Actions (login required)

View Item View Item