APLIKASI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP TANAMAN KEDELAI EDAMAME (Glycine max (L). Merr

Witri, Deka Saputri and Hasanudin, Hasanudin and Hesti, Pujiwati (2022) APLIKASI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP TANAMAN KEDELAI EDAMAME (Glycine max (L). Merr. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Witri Deka Saputri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kedelai edamame memiliki banyak kandungan gizi dan banyak disukai oleh masyarakat. Kandungan yang ada di kedelai edamame yaitu protein, asam amino esensial, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan serat sehingga kedelai edamame banyak dibutuhkan. Tetapi produksi kedelai edamame di Indonesia masih sangat rendah. Hal ini disebabkan masih banyaknya penggunaan bahan kimia sehingga dapat menurunkan kesuburan tanah.Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan tanah yaitu dengan pemberian bakteri, bakteri membutuhkan bahan organik sebagai sumber energi dalam tanah. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendapatkan interaksi antar konsentrasi PGPR dan pupuk kandang ayam, mendapatkan konsentrasi PGPR optimum, dan mendapatkan dosis pupuk kandang ayam optimum terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai edamame. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2021 yang bertempat di gang harapan 7, Medan Baru, Muara Bangkahulu, Bengkulu. Penelitian dilakukan dengan metode Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial dengan 2 faktor yaitu konsentrasi PGPR dan dosis pupuk kandang ayam. Faktor pertama adalah konsentrasi PGPR yang terdiri dari P0 = 0 ml/l, P1 = 10 ml/l, P2 = 20ml/l, dan P3 = 30 ml/l. Faktor kedua adalah dosis pupuk kandang ayam yang terdiri dari K0 = 0 ton/ha, K1 = 15 ton/ha, dan K2 = 30 ton/ha. Setiap perlakuan diulang 3 kali dan masing-masing perlakuan terdiri dari 4 set sehingga diperoleh 144 polibag. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara konsentrasi PGPR dan dosis pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai edamame. Selain itu juga konsentrasi PGPR tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai edamame. Dosis pupuk kandang ayam optimum tinggi tanaman maksimum didapatkan pada 26,77 ton/ha, jumlah polong total maksimum didapatkan pada 29,48 ton/ha, dan jumlah polong bernas maksimum didapatkan pada 29,99 ton/ha.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:32
Last Modified: 13 Jul 2023 01:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12856

Actions (login required)

View Item View Item