Sakila, Nur Atira and Zulkarnain, Rufran and Parlan, Parlan (2019) PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) OLEH GURU PADA PAUD DELLIA CREATIVE SCHOOL DI KELURAHAN PADANG HARAPAN KECAMATAN GADING CEMPAKA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI FULL NUR ATIRA SAKILA PNF 15.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan adalah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan teperinci, implementasi dilakukan setelah perencanaan sudah dianggap siap. Secara sederhana pelaksanaan bisa diartikan penerapan. Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan hasil 1. Pelaksanaan SOP guru saat datang ke Paud Dellia Creative School dilaksanakan dengan baik oleh guru terhadap anak, guru selalu tersenyum dan menyapa teman sejawat saat datang ke Paud Dellia Creative School 2. Pelaksanaan SOP guru saat menyambut anak, menyambut anak dari tangan orang tua memberikan kepercayaan kepada orang tua terhadap guru. 3. Pelaksanaan SOP guru saat bersalaman dengan anak, bersikap focus dan mengahrgai keberadaan anak, maka akan membentuk kepribadian anak. 4. Pelaksanaan SOP guru saat berkomunikasi dengan anak, guru berbicara dengan bahasa yang mudah dimengerti anak dan mengingatkan anak bahwa komunikasi merupakan kunci pengendalian diri dan berhubungan dengan orang lain. 5. Pelaksanaan SOP guru saat mengajar anak, guru menggunakan ekspresi yang sesungguhnya saat mengajar serta bahasa yang lembut dan memberikan kesan serta pesan kepada anak. Sehingga anak akan lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan guru. Kata kunci : pelaksanaan,tenaga pendidik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 01:34 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 01:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12859 |
Actions (login required)
View Item |